TIm MagnifyID

Pengalaman Lolos Babak Final Gemastik 9

Gemastik 9 UI, Depok

Gemastik 9 UI, Depok

Assalamualikum Dulur! Sungguh bahagia rasanya dulur, bisa menjadi Finalis Gemastik 9 di Universitas Indonesia.

Sugeng dalu, Selamat malam pembaca blog Pribadi saya yang sederhana ini. Berhubung tulisan ini tulisan yang membahas pengalaman beberapa Bulan yang lalu, kiranya saya dapat mengungkapkan keluh kesah, suka duka dan perjuangan bagaimana bisa lolos di ajang yang dinantikan oleh seluruh mahasiswa di Indonesia yaitu Gemastik, agar pengalaman ini dapat menjadi bahan sahabat-sahabat semuanya dalam merencanakan strategi untuk menjadi Finalis Gemastik. 🙂

Barangkali masih ada yang belum tahu apa itu Gemastik. Gemastik merupakan singkatan dari Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK. Gemastik merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ajang ini dilakukan setiap tahun seperti halnya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang juga dilaksanakan setiap Tahun. Jika PKM pesertanya bisa diikuti hampir oleh seluruh Mahasiswa dari berbagai jurusan, sedangkan Gemastik sebagian besar pesertanya berasal dari Jurusan-jurusan yang dekat dengan Teknologi, meskipun sebenarnya siapapun boleh mengikuti Ajang Kompetisi ini.

Gemastik 9, UI Depok

Gemastik 9, UI Depok

Selanjutnya, kita lanjut ke Gemastik 9 yang diadakan oleh UI (Universitas Indonesia). Gemastik yang ke-9 pada tahun 2016 ini, Universitas Indonesia bertindak sebagai host dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) sebagai co-host. Gemastik 9 mengusung tema Enabling Smart Society through ICT”. Acara puncak Gemastik 9 dilaksanakan pada tanggal 22-24 September 2016 lalu di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Gemastik 9 membuka 10 cabang perlombaan. Sepuluh kategori perlombaan pada Gemastik 9 antara lain Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Desain User Experience, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan E-Government.

Sebut saja saya Najib, Mahasiswa Sistem Informasi ITS angkatan 2014. Awalnya niat untuk mengikuti Gemastik 9 ini mengalir begitu saja, saya yang Gemar Menggeluti Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak atau Mobile, nampaknya  menjadikan saya incaran senior saya untuk direkrut menjadi bagian dari Tim yang akan mencoba menjadi bagian dari peserta Gemastik 9. Sebut saja Mas Niko, nama lengkapnya Nikolaus Herjuno, Mas Niko ini merupakan senior saya yang lumayan keren, pasalnya Mas Niko ini sudah melalang buana di berbagai macam perlombaan, dunia startup, hingga sampai jadi asisten dosen pun diambil sama Mas Niko. Hingga suatu ketika, Mas Niko mengetahui bahwa di Mata Kuliah IMK (Interaksi Manusia Komputer/HCI) yang isinya membuat Prototype, saya membuat prototype aplikasi Reminder sederhana yang saya beri nama Remind Me. Saya membuatnya menggunakan aplikasi native android yang sebenarnya pengerjaannya tidak harus menggunakan native android, Mas Niko lantas menawari saya untuk Join di Timnya sebagai Hacker (salah satu sebutan orang yang kerjanya ngoding). Setelah meninjau Ide yang digagas oleh Mas Niko (Hustler), akhirnya saya sepakat bahwa saya join dengan Tim dan kami memutuskan untuk memberi nama Tim ini MagnifyID yang mengikuti cabang perlombaan Pengembangan Perangkat Lunak. Tim kami berjumlah beberapa orang, dengan memecah menjadi beberapa tim untuk diikutkan dalam kategori lomba yang lain, satu anggota Tim kami ditambah 1 lagi yaitu Mas Tetha Valianta (Hipster) yang sangat jago membuat Presentasi yang Bagus.

Treasure City Get The Treasure Get The Advanture

Screenshoot Treasure City – Get The Treasure, Get The Advanture!

Tim kami, MagnifyID  mengusung Ide Treasure City : Find The Treasure! Get the Advanture! Ide yang kami usung menurut saya cukup bagus. Treasure City mencoba untuk memberikan pengalaman Pengguna dalam menemukan Treasure (Produk) yang berasal dari UKM di masing-masing daerah di Indonesia. Dengan mengeksplorasi keberagaman yang ada di masing-masing daerah, UKM-UKM yang sebelumnya belum pernah terekspose, akan terkespose dan hal ini akan meningkatkan Penjualan pada masing-masing UKM.

Selanjutnya, kami mulai mempersiapkan proposal sebaik mungkin. Pada saat itu, Mas Niko masih sibuk dengan KP (Kerja Praktik) sehingga proposal kami garap bersama anggota Tim lainnya, yaitu yang paling berkontribusi Mas Agung Firdamansyah. Selanjutnya kami menunggu pengumumanlolos seleksi Tahap 1, dan akhirnya kami membuat Aplikasi dan kami submit kembali untuk Tahap 2, hingga akhirnya kami akhirnya lolos Tahap 2 dan masuk sebagai Finalis Babak FInal Gemastik 9, perwakilan satu-satunya dari ITS pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak.

TIm MagnifyID dan DM Team

TIm MagnifyID dan DM Team

Setelah di UI, kami mulai memperbaiki berbagai perubahan untuk menjadikan aplikasi kami semakin baik. 2 hari 1 malam mengebut proses pengerjaan Aplikasi Treasure City ini. SDLC Extreme Programming yang biasa kami lakukan, kini benar-benar terasa manfaatnya.

Suasana ketika Pembukaan Gemastik

Suasana ketika Pembukaan Gemastik

Selanjutnya tiba saatnya kami presentasi didepan juri dengan segala persiapan terbaik yang telah kami siapkan. Juri memberikan beberapa pertanyaan dan studi kasus bagaimana agar Aplikasi yang kami buat tetap sustain dan memberikan dampak yang besar terhadap permasalahan yang ada di Masyarakat. Akhirnya kami menjawab pertanyaan juri dengan baik dan lugas.

Malam telah tiba dan saatnya pengumuman pemenang dari Panitia Gemastik 9. Pengumuman pemenang mulai dibaca dan Alhamdulillah ITS mendapat peringkat 2 dibawah UI dengan selisih beberapa poin. ITS berhasil menjuarai beberapa kategori perlombaan. Mereka mendapat dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Dua medali emas diraih oleh Tim Ins_Tec_Sepuluh untuk kategori data mining, kemudian Tim Moco Warrior untuk kategori piranti cerdas dan embedded systems. Sementara itu, sebuah medali perak diraih oleh Tim Lumen-v31 untuk kategori Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), lalu dua medali perunggu diraih oleh Tim SuperPecilan (data mining) dan Tim DM TEAM (e-government). Rasa syukur yang dalam sangat kami rasakan ketika itu, prestasi yang luar biasa telah diraih oleh ITS, teriakan Vivat lantas mengiringi setiap kemenangan yang diraih oleh ITS.

Kepala Direktorat Kemahasiswaan ITS Dr. Darmaji, S.Si., M.T

Alhamdulillah bisa Foto Bersama BapakDr. Darmaji, S.Si., M.T selaku Kepala Direktorat Kemahasiswaan ITS

Namun.. Tim kami MagnifyID belum diberikan kesempatan untuk meraih medali di Gemastik 9 ini. Mesikpun demikian, akhirnya kami mencoba untuk mengevaluasi segala bentuk perbaikan yang akan kami siapkan di Gemastik 10 yang akan datang. Dan akhirnya, Tidak akan ada kata pantang menyerah kawan! Bawalah nama harum Ibu yang Luhur ITS dan Tetaplah Berjuang!

Video Aftermovie Gemastik 9